Desain UI - UX

 UI kepanjangan dari User Interface, sedangkan UX  adalah singkatan dari User Experience. Istilah ini sering digunakan bergantian dengan “UI design”, dan mungkin sering tertukar. Padahal, keduanya tidak sama loh! Ada beberapa perbedaan UX dan UI design secara teknis.

User interface design atau disingkat UI design adalah proses dalam desain yang fokus pada pembuatan antarmuka user untuk website, software, aplikasi, dan mesin.

Tujuan utama dari UI design adalah membuat interface yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga intuitif dan mudah digunakan. Proses ini melibatkan pemilihan warna, desain layout, pemilihan font, dan pembuatan elemen interaktif seperti tombol, ikon, serta slider.

UX design, singkatan dari user experience design, adalah proses desain yang berfokus pada penciptaan pengalaman pengguna secara mendalam dan bermakna saat menggunakan produk digital.

Fokus utama dari UX design yaitu memastikan user menemukan value dalam apa yang mereka alami saat berinteraksi dengan produk, baik itu aplikasi maupun website. Proses ini melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan, keinginan, dan keterbatasan user, serta konteks penggunaan produk.

Dalam proses UX design, seorang designer mungkin akan melakukan survei untuk memahami tantangan yang dihadapi user. Kemudian, berdasarkan informasi tersebut, designer membuat prototype dan mengujinya dengan user untuk mendapatkan feedback. Proses ini membantu membuat produk yang tidak hanya fungsional, tetapi juga memberikan pengalaman memuaskan bagi user.






Referensi



Comments

Popular posts from this blog

Prinsip Desain Software

High Level Design

Studi kasus 1 - Desain Sistem Restauran