Desain Database

Desain Basis Data adalah kumpulan proses yang memfasilitasi perancangan, pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem manajemen data perusahaan. Basis data yang dirancang dengan benar mudah dipelihara, meningkatkan konsistensi data, dan hemat biaya dalam hal ruang penyimpanan disk. Desainer database memutuskan bagaimana elemen data berkorelasi dan data apa yang harus disimpan.

Perancang/ Desainer database menentukan data apa yang harus disimpan dan bagaimana elemen data saling berhubungan. Dengan informasi ini, mereka dapat mulai menyesuaikan data dengan model database. Sistem manajemen basis data mengelola data yang sesuai.

Desain database melibatkan pengklasifikasian data dan pengidentifikasian hubungan timbal balik. Representasi teoritis dari data ini disebut ontologi. Ontologi adalah teori di balik desain database.



Menentukan data yang akan disimpan

Dalam sebagian besar kasus, orang yang melakukan desain database adalah orang dengan keahlian di bidang desain database, bukan keahlian dalam domain dari mana data yang akan disimpan diambil mis. informasi keuangan, informasi biologis, dll. Oleh karena itu, data yang akan disimpan dalam database harus ditentukan melalui kerja sama dengan orang yang memang memiliki keahlian dalam domain tersebut, dan siapa yang mengetahui data apa yang harus disimpan dalam sistem.

Proses ini adalah salah satu yang umumnya dianggap sebagai bagian dari analisis kebutuhan, dan membutuhkan keterampilan dari desainer database untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dari mereka yang memiliki pengetahuan domain. Ini karena mereka yang memiliki pengetahuan domain yang diperlukan seringkali tidak dapat mengungkapkan dengan jelas apa persyaratan sistem mereka untuk database karena mereka tidak terbiasa berpikir dalam hal elemen data diskrit yang harus disimpan. Data yang akan disimpan dapat ditentukan dengan Spesifikasi Kebutuhan.

Proses Desain Database

https://www.learncomputerscienceonline.com/how-to-design-database/





https://www.researchgate.net/publication/273127849_A_CONCEPTUAL_FOUNDATION_AND_INTEGRATION_DATABASE_DESIGNING_MODEL

Latihan :

Membuat Database untuk aplikasi social media foto sharing - Instagram



Referensi :



Comments

Popular posts from this blog

Prinsip Desain Software

High Level Design

Studi kasus 1 - Desain Sistem Restauran